PENGENALAN JAVA
MAKALAH
PENGENALAN JAVA
(Dibuat untuk memenuhi
tugas matakuliah praktikum Bahasa Pemrograman 1)
![]() |
|||||
![]() |
![]() |
||||
Kelas : TINFC-2016-D
Disusun
oleh :
Nim : 20160810030
Nama : Erwin Apriliyanto
Program
studi : Teknik Informatika (S1)
LABORATORIUM KOMPUTER
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017
KATA PENGANTAR
Segala puji
syukur saya penjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, taufik,
hidayah-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan penulisan makalah tentang bahasa
pemrograman Java. terselesaikannya penulisan makalah ini diharapkan akan
memberi informasi yang bersifat mengedukasi dan menghadirkan klarifikasi
terhadap berbagai hal tentang Java.
Penulisan
makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Praktikum Bahasa
Pemrograman 1 (Java) dan berguna untuk memahami lebih jauh lagi tentang
berbagai hal yang berhubungan dengan bahasa pemrograman Java.
Penyusunan
makalah ini sudah pasti jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran
yang membangun sangat diharapkan agar membuat makalah ini menjadi lebih baik.
Kuningan, 01 November 2017
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1. Latar
Belakang Masalah
Perkembangan dunia
informasi dan teknologi sangat cepat pada
dasawarsa terakhir sejak dimulainya era millennium. Perkembangan itu salah
satunya ditandai dengan keberadaan aplikasi java yang menyediakan berbagai layanan. Bentuk layanan yang dihadirkan aplikasi java sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual, iklan, komunikasi, game dan sebagainya.
dasawarsa terakhir sejak dimulainya era millennium. Perkembangan itu salah
satunya ditandai dengan keberadaan aplikasi java yang menyediakan berbagai layanan. Bentuk layanan yang dihadirkan aplikasi java sejatinya sangat berguna dan membantu bagi kehidupan manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual, iklan, komunikasi, game dan sebagainya.
Selain keuntungan
tersebut, keistimewaan lain aplikasi java adalah kemudahan akses atau
pengoperasiannya yang dapat dilakukan
siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Maka tidak mengherankan
jika aplikasi java telah menjadi konsumsi publik sebagaian besar masyarakat
Indonesia.
siapapun mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Maka tidak mengherankan
jika aplikasi java telah menjadi konsumsi publik sebagaian besar masyarakat
Indonesia.
Keberadaan aplikasi
java telah menghadirkan nuansa tersendiri di tengah
masyarakat karena selalu mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas
demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang paling ditonjolkan. Hal ini
tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian kebutuhan masyarakat. Ia telah menjadi bagian hidup masyarakat masa kini.
masyarakat karena selalu mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas
demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang paling ditonjolkan. Hal ini
tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian kebutuhan masyarakat. Ia telah menjadi bagian hidup masyarakat masa kini.
Salah satu aplikasi
yang ditawarkan oleh java yang sekarang
digemari adalah opera mini, Game hp dan aplikasi lainnya
yang difungsikan sebagai media komunikasi dunia maya dan hiburan.
jutaan penggunanya dari berbagai penjuru dunia. Hal ini menjadikan aplikasi java
sebagai alat komunikasi modern tanpa batas karena mengabaikan jarak, waktu,
dan tempat.Sehingga aplikasi java sering di gunakan untuk kehidupan sehari dan orang tergantung dengan adannya aplikasi java.
digemari adalah opera mini, Game hp dan aplikasi lainnya
yang difungsikan sebagai media komunikasi dunia maya dan hiburan.
jutaan penggunanya dari berbagai penjuru dunia. Hal ini menjadikan aplikasi java
sebagai alat komunikasi modern tanpa batas karena mengabaikan jarak, waktu,
dan tempat.Sehingga aplikasi java sering di gunakan untuk kehidupan sehari dan orang tergantung dengan adannya aplikasi java.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Sejarah perkembangan Java
Bahasa pemrograman Java terlahir
dari The
Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim
panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi
yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori
oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, dan James Gosling, beserta sembilan pemrogram lainnya
dari Sun Microsystems. Salah satu hasil
proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe
Palrang.
Pertemuan proyek berlangsung di sebuah
gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo
Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah
program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali
sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti
pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai "*7" (Star Seven).
Setelah era Star Seven selesai,
sebuah anak perusahaan Tv kabel tertarik ditambah beberapa orang
dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah
ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah
karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang
waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani
kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih
merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan
awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi
dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner
berganti nama menjadi Hot Java.
Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali
kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk
pemberitaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada
tanggal 23 Mei 1995.
Sayang terjadi perpecahan di antara mereka
suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton
Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George
Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc
Andreessen, membentuk Netscape.
Nama Oak, diambil dari pohon oak yang
tumbuh di depan jendela ruangan kerja "Bapak Java", James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi
release Java karena sebuah perangkat lunak lain sudah terdaftar dengan merek
dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi "Java".
Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk)
kesukaan Gosling. Konon kopi ini berasal dari Pulau Jawa. Jadi nama bahasa
pemrograman Java tidak lain berasal dari kata Jawa (bahasa Inggris untuk Jawa
adalah Java).
2. Pengenalan Java
·
Java
adalah suatu bahasa pemrograman,
dan sekaligus suatu platform.
·
Java
dikenal sebagai bahasa
pemrograman tingkat tinggi. Java mudah dipelajari, terutama bagi
programmer yang telah mengenal
C/C++.
·
Java
merupakan bahasa pemrograman
berorientasi objek yang
merupakan paradigma pemrograman
masa depan.
·
Java
dirancang agar dapat
dijalankan di semua
platform. Dan dirancang
untuk menghasilkan aplikasi –
aplikasi dengan performansi
yang terbaik, seperti aplikasi database Oracle 8i/9i yang
core-nya dibangun menggunakan bahasa
pemrograman Java.
·
Java bersifat neutral architecture, karena
Java Compiler yang digunakan untuk mengkompilasi kode program Java dirancang
untuk menghasilkan kode yang
netral terhadap semua
arsitekture perangkat keras yang
disebut sebagai Java Bytecode.
·
Case-sensitive, Huruf besar dan kecil dalam penulisan kode sangat berpengaruh.
·
Statically-typed, Setiap variabel dijava harus dideklarasikan tipe variabelnya terlebih
dahulu.
Java Sebagai sebuah platform :
Java Virtual Machine (JVM).
Java Application Programming Interface (Java
API).
Tahapan Bahasa Pemrograman java :
Langkah pertama
dalam pembuatan sebuah program berbasis Java adalah menuliskan kode program
pada text editor. Contoh text editor yang dapat digunakan antara
lain : notepad, vi, emacs dan lain sebagainya. Kode program yang dibuat
kemudian tersimpan dalam sebuah berkas berekstensi .java. Setelah
membuat dan menyimpan kode program, kompilasi file yang berisi kode program
tersebut dengan menggunakan Java Compiler.Hasil dari kompilasi berupa berkas bytecode
dengan ekstensi .class. Berkas yang mengandung bytecode tersebut
kemudian akan dikonversikan oleh Java Interpreter menjadi bahasa mesin sesuai
dengan jenis dan platform yang digunakan.
3. Arsitektur
Java
·
Enterprise
Java (J2EE) untuk
aplikasi berbasis web,
aplikasi sistem tersebar dengan
beraneka ragam klien
dengan kompleksitas yang
tinggi. Merupakan superset dari Standar Java
·
Standar
Java (J2SE), ini adalah yang biasa dikenal sebagai bahasa Java.
·
Micro
Java (J2ME) merupakan
subset dari J2SE
dan salah satu aplikasinya yang
banyak dipakai adalah
untuk wireless device / mobile device.
4. Tool
Pemrograman Java
·
Text
Editor + Compiler (Interpreter):
TextPad,
Notepad++, Java Standard Edition
·
Integrated
Development Environment (IDE):
Eclipse,
Netbeans, Jcreator, Gel
5. Instalasi Java Standart Edition
Langkah-langkahnya :
1) Download Java Standard Edition dari:
http://java.sun.com/javase/downloads/
2) Instal Java Standard Edition dengan mengklik:
jdk-8u144-windows-x64.exe
jdk-8u144-windows-x64.exe
3) Setelah beres menginstal Klik Start àKlik
kanan pada computer à Properties
àKlik Advanced system setting
àKlik advancedàEnvironment Variables
à dan set PATH, masukan url file directory javanya:
C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_04\bin
C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_04\bin
4) Instal text editor untuk membuat/editing
code:
textpad, notepad++, netbeans.
textpad, notepad++, netbeans.
6.
Struktur Dasar
Program Java
Saya akan coba membuat sebuah program sederhana dengan menggunakan :
·
Text-editor
notepad++ dengan complier cmd.exe
·
Netbeans
IDE 8.2
Program Hello World !!!.
public class Hello {
public static void main (String[]args){
System.out.println("Hello
World");
System.out.println("How
are you today?");
}
}
Source code diatas diketik pada dokumen baru
notepad++ :
Setelah itu save dengan ekstensi nya .java
(ingat nama class dan file harus sama.
Kemudian buka command promt untuk mengcompile
nya kedalam sebuah class yang nantinya berisi bytecode dengan perintah javac nama_file.java àselanjutnya
akan dikonversikan menjadi bahasa mesin oleh java interpreter yang akan
menghasilkan output yang kita minta dengan mengetik java nama_file
Sekarang
pada Netbeans IDE 8.2
Pada saat program Netbeans sudah dijalankan,
klik Ctrl + Shift + N, untuk membuat sebuah projek baru, maka akan ada jendela
seperti dibawah ini, pilih java à Java Application à Next
Selanjutnya beri nama projek ini, kemudian
centang Create main class untuk langsung otomatis membuat class dengan nama
yang sama. Untuk file location bebas mau disimpen dimana aja.
Ketikan source code diatas tadi pada embar
kerja Netbeans, kemudian klik Shift + f6 untuk run program.
Dan Selesai.
Penjelasan dari program diatas :
Elemen 1
public class Hello{
....
}
Pendefinisian class
dengan modifier public, agar dapat
dikompilasi dan dijalankan oleh
Java VM.
Element 2
public static void
main (String[] args){
....
}
Kode
program ini adalah
bagian utama, karena
bagian ini pertama
kali dijalankan.
Penjelasan :
- public : salah satu macam modifier.
- static : tipe method
- void : menunjukkan bahwa
method tidak mengembalikan nilai atau objek.
- main
: nama method utama dari
program java.
- String : tipe
argumen yang diterima
untuk parameter dari command java.
- args : array argumen
yang bisa ditambahkan
pada saat menggunakan command
java untuk menjalankan program java.
Element 3
System.out.println(“Hello
Word!");
Fungsi kode
tersebut adalah menampilkan pada konsol
data yang dimasukkan sebagai
parameter. Pada kode diatas, tipe datanya String yang di inputkan
sebagai parameter pada
method println(). Untuk menginputkan data karakter atau numerik
sebagai String maka diawali dan diakhiri dengan tanda “ ”
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
:
Dalam sistem
pemrograman khususnya pada Java. bahasa pemrograman Java menggunakan Sintaks
mirip dengan C++ namun sintaks pada Java telah banyak diperbaiki terutama menghilangkan
penggunaan pointer yang rumit dan multiple inheritance. Java juga menggunakan automatic
memory allocation dan memory garbage collection. Java adalah sebuah platform
teknologi pemrograman yang dikembangkan oleh Sun Microsystem.
J2ME atau Java
Micro Edition adalah sebuah teknologi yang telah banyak digunakan dalam
pengembangan aplikasi pada ponsel dewasa ini, mulai dari aplikasi yang berupa
permainan sampai dengan aplikasi ponsel sebagai pendukung aplikasi yang lebih
besar seperti aplikasi enterprise. Nama J2ME digunakan sebagai “payung” untuk
aneka teknologi java untuk device micro diantaranya adalah Personal Java, Java
Card, MIDP.
DAFTAR
PUSTAKA
Modul
1 Praktikum Bahasa Pemrograman 1
0 komentar:
Posting Komentar